China ‘Garang’, Jepang ‘Galau’, dalam Sengketa Kepulauan Senkaku


saatpas.wordpress.com – Para menteri luar negeri Jepang dan China terlibat pembicaraan pahit terkait sengketa kepulauan kecil yang dikuasai Jepang tapi diklaim China dan Taiwan, di sela-sela Majelis Umum PBB di New York Rabu (26/9).

Kantor berita Kyodo melaporkan Menlu Jepang Kichiro Gemba menggambarkan suasana sengit pertemuan di New York itu. Sedangkan kantor berita China Xinhua melaporkan Menlu China Yang Jeichi kembali memaparkan kedaulatan Beijing atas pulau-pulau kecil yang di China disebut sebagai Kepulauan Diayou dan di Jepang dijuluki sebagai Kepulauan Senkaku. Taiwan juga mengklaim kepulauan ini milik mereka.

Ketegangan memuncak sejak pemerintah pusat Jepang membeli kepulauan kecil ini dari pemilik swasta Jepang. Tindakan provokasi dilakukan oleh ketiga pihak yang saling merasa memiliki kepulauan ini. Nelayan-nelayan Taiwan keluar masuk batas peraiaran yang diklaim miliknya di Laut Timur China dalam beberapa hari terakhir.

Selasa kemarin kapal-kapal patrol Jepang dan China saling semprot air di perairan yang diklaim sebagai wilayah milik mereka. Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang memperingatkan bahwa kehadiran kapal-kapal di perairan itu bisa menimbulkan “salah perhitungan” atau “kecelakaan”, seperti ditulis Associated Press Rabu.

Menlu Yang menegaskan kembali posisi kedaulatan China atas kepulauan itu, karena China menganggap Jepang melakukan pelanggaran berat integritas dan kedaulatan teritorial. Sementara Menlu Gemba mendesak China menahan diri dan Jepang menggambarkan suasana hatinya “galau”, tulis Kyodo. (inilah.com)

One response to “China ‘Garang’, Jepang ‘Galau’, dalam Sengketa Kepulauan Senkaku

  1. Ping-balik: Kepala Donat Jadi Tren di Jepang | SaatPas Blog·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s